IKA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN USK GELAR MUBES HYBRID DAN MEMILIH PENGURUS BARU PERIODE 2022-2026

# Monday, 26 September 2022

Ikatan Keluarga Alumni Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP) dengan nama Persatuan Alumni THP atau lebih dikenal dengan PATI menggelar Musyawarah Besar secara hybrid selama 3 sesi, berturut-turut dari tanggal 10 September, 17 dan 24 September 2022 bertempat di Fakultas Pertanian USK, Darussalam Banda Aceh. Minggu (26/9/2022)

Pelaksanaan MUBES secara hybrid dengan waktu 2-3 jam per sesi dilakukan untuk memfasilitasi alumni Prodi THP yang saat ini berdomisili di luar kota Banda Aceh untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan Mubes ini.

Mardan Syahputra, S.TP, MP selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa keberadaan teknologi digital dan aplikasi zoom meeting mengubah tatanan kebiasaan pelaksanaan MUBES sehingga lebih ramah untuk alumni di luar kota Banda Aceh.

Setiap sesinya acara ini dihadiri oleh kurang lebih 100 partisipan baik secara daring dan luring.

Sesuai dengan AD/ART PATI USK, Musyawarah Besar PATI terdiri dari 3 Sidang Pleno.

Sidang Pleno I beragendakan Pemilihan Ketua Sidang Tetap, Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus Periode Sebelumnya. Sedangkan Sidang Pleno II memuat kegiatan Penetapan AD/ART PATI dan GBHK.

Sidang pleno III beragenda Penjaringan Bakal Calon Ketua PATI, Pemilihan dan Penetapan Ketua PATI Periode 2022-2026.

Muhammad Nasrullah, S.TP selaku Ketua Umum PATI Periode sebelumnya juga menambahkan bahwa sangat senang dapat menyerahkan tongkat estafet kepada pengurus baru, dan sangat berharap presidium PATI yang baru dapat membawa perhimpunan alumni THP USK ini menjadi wadah organisasi yang bermanfaat bagi USK dan masyarakat.

Selama kepemimpinannya, M. Nasrullah melaksanakan berbagai kegiatan yang menunjang aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui kerjasama dengan pihak jurusan dan himpunan mahasiswa Prodi THP dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat atau membina fresh graduate yang berkeinginan berwirausaha.

Selama kegiatan MUBES PATI ini, penjaringan dan pemilihan Ketua PATI juga dilakukan secara online menggunakan aplikasi formulir dan voting online. Proses pemilihan dimulai dengan pendaftaran oleh dua bakal calon.

Kandidat calon ketua PATI adalah Hanif Muchdatul Ayunda, S.TP, M.SI yang saat ini berprofesi sebagai Dosen Universitas Teuku Umar Meulaboh dan Reza Fahlevi, S.TP. Selanjutkan kedua pendaftar ditetapkan sebagai bakal calon dan diminta untuk mempersiapkan video pemaparan visi dan misi.

Video ini disebarkan secara internal oleh panitia pelaksana melalui grup alumni dan alumni perwakilan setiap angkatan selama 4 hari sebagai masa kampanye.

Setelahnya voting secara online selama 1 hari berbatas waktu sesuai dengan peraturan yang tertera di AD/ART.

Dari hasil pemilihan suara, Reza Fahlevi dari angkatan 2008 unggul dengan suara 144 suara dari Saudara Hanif Muchdatul yang memiliki perolehan suata sebanyak 131 suara.

“Pelaksanaan MUBES secara hybrid ini merupakan hal baru bagi kami panitia pelaksana.

Namun walaupun ada beberapa kendala kami puas dengan animo dan dukungan yang diberikan oleh alumni Prodi THP USK. Saya yakin bahwa kegiatan ini akan menjadi tolok ukur untuk perbaikan kegiatan serupa kedepannya” seperti itu tutur Mardan saat menutup diskusi mengenai kegiatan MUBES PATI 2022.

Di kesempatan lainnya, Ketua Jurusan THP USK, Bapak Dr. Mhd Ikhsan Sulaiman mengucapkan selamat kepada Ketua Pati terpilih dan menyampaikan harapan beliau semoga Persatuan Alumni THP dan memberikan sumbangsih yang lebih baik bagi jurusan, mahasiswa, universitas dan masyarakat.

Berita

USK ranking 12 di Indonesia
Tuesday, 7 February 2023
USK ranking 12 di Indonesia

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Pertanian
Universitas Syiah Kuala
Jln. T. Hasan Krueng Kalee No. 3 Banda Aceh, Aceh, 23111 INDONESIA
Telp: +62 813 7050 4702
Email: thp@unsyiah.ac.id