Jurusan Thp-usk undang Instansi pemerintah dan pelaku usaha dalam rangka review kurikulum Program STUDI S1 THP DAN S2 MTIP

# Wednesday, 5 October 2022

Pada Selasa 4 Oktober 2022, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian menggelar review kurikulum melalui Focus Group Discussion dengan tema “Menghasilkan Lulusan Prodi S1 THP siap pakai di DUDI dan Lembaga Pemerintah”.

Review kurikulum dilakukan pada dua progran studi yang bernaung di Jurusan THP, yaitu S1 Teknologi Hasil Pertanian dan S2 Teknologi Industri Pertanian.

Review kurikulum ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses perubahan kurikulum. Kegiatan ini bertujuan untuk menampung pendapat dan kebutuhan pengguna lulusan terkait kompetensi yang harus dimiliki sarjana S1 THP dan S2 MTIP.

Kegiatan review kurikulum ini berlangsung setengah hari di Fakultas Pertanian USK. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 dan dibuka oleh Ketua Jurusan Dr.Ir. M. Ikhsan Sulaiman, S.TP., M.Sc, IPU.

Pada sambutannya beliau mengutarakan harapan yang tinggi terhadap kegiatan ini. Review dan diskusi ini merupakan cerminan bagaimana kepuasan pengguna lulusan S1 THP dan S2 MTIP.

Feedback dari pengguna lulusan, mahasiswa dan alumni merupakan amunisi untuk perubahan kurikulum dan pelaksanaan kegiatan akademik untuk kurikulum yang sedang berjalan.

Undangan yang hadir berasal dari instansi pemerintah seperti Dinas Perindustrian Provinsi Aceh, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dinas Pangan dan Tanaman Pangan Provinsi Aceh.

Selanjutnya, Dinas Kelautan Perikanan Aceh, BPTP Aceh, BSPJI Aceh, LP POM MUI Provinsi Aceh, Badan POM Aceh, PT. YAGI Natural Indonesia, Politeknik Venezuela, Universitas Serambi Mekkah, Kadin, Bank Indonesia dan pengusaha lokal lainnya seperti pengusaha teh Amla dan kilang padi MD.

Kegiatan review kurikulum ini dilakukan secara paralel dan berlangsung sangat intens dan memberikan feedback yang membangun.

Untuk kurikulum S1 THP, banyak input diberikan terhadap pelaksanaan program MBKM Magang dari undangan. Sedangkan di review kurikulum S2 MTIP input banyak diberikan terkait penambahan mata kuliah yang mendukung tercapainya profil lulusan wirausaha.

Selanjutnya, para undangan juga mengucapkan terima kasih sudah diikutsertakan dalam proses review kurikulum kedua prodi.

Even ini membuka dan memperluas jaringan untuk menjalin kerjasama dan kegiatan dengan jurusan THP dan masing-masing instansi yang hadir.

Berita

USK ranking 12 di Indonesia
Tuesday, 7 February 2023
USK ranking 12 di Indonesia

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Pertanian
Universitas Syiah Kuala
Jln. T. Hasan Krueng Kalee No. 3 Banda Aceh, Aceh, 23111 INDONESIA
Telp: +62 813 7050 4702
Email: thp@unsyiah.ac.id