Prodi Teknologi Hasil Pertanian USK Jalin Kerja Sama di Ajang International Expo Food Ingredient Asia

# Saturday, 17 September 2022

Expo Food Ingredient Asia pada tanggal 7–9 September 2022 merupakan pameran produk industri makanan dan minuman terbesar yang diselenggarakan setiap tahunnya di Jakarta, Bangkok dan Singapura. 

Expo kali ini menampilkan inovasi terbaru bahan makanan dan minuman yang diikuti oleh lebih dari 100 industri dan 12.890 peserta. Bermacam inovasi produk terbaru dari berbagai kategori termasuk bahan tambahan makanan seperti perasa, pewarna, penstabil, pengental, dan aroma makanan.  

Beberapa sumber anti oksidan dan protein tumbuhan pengganti protein hewani menjadi tren pengembangan produk pangan sehat masa depan. 

Selain pameran produk inovasi terbaru, eksibisi ini juga turut menghadirkan seminar dengan topik terkini seperti sistem jaminan halal, aplikasi metode sensori, dan teknologi terkini di bidang ilmu dan teknologi pangan.

Ada 18 dosen dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Syiah Kuala (USK) berkesempatan untuk menghadiri expo terbesar di Asia tersebut dengan dukungan dari Program Kompetisi Kampus Merdeka. 

Ketua kunjungan expo Ryan Moulana, M.Sc menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mendekatkan tujuan pembelajaran di kurikulum dengan kebutuhan industri. 

"Pada kesempatan tersebut, kita berhasil menjalin komitmen kerjasama magang mahasiswa, penggunaan inovasi baru dalam pengembangan produk, dan kesempatan bagi praktisi industri mengajar di kampus," kataRyan Moulana, dalam rilisnya, Sabtu (17/9/2022).

Sementara itu, Ketua Program Studi Dr. Muhammad Ikhsan Sulaiman mengatakan bahwa pendapatan negara dari industri pangan nasional merupakan kedua tertinggi setelah pertambangan. 

Menurutnya, sektor pangan merupakan industri paling inovatif di dunia. Aceh dengan potensi kekayaan alam pertanian, kelautan dan kehutanan sangat memungkinkan untuk pengembangan industri makanan dan minuman. 

"Oleh karena itu kunjungan sangat relevan untuk menciptakan lulusan yang dapat langsung bekerja di industri atau berwirausaha di bidang pangan dan hasil pertanian," ujarnya.

Berita

USK ranking 12 di Indonesia
Tuesday, 7 February 2023
USK ranking 12 di Indonesia

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Pertanian
Universitas Syiah Kuala
Jln. T. Hasan Krueng Kalee No. 3 Banda Aceh, Aceh, 23111 INDONESIA
Telp: +62 813 7050 4702
Email: thp@unsyiah.ac.id