Prodi THP USK Gelar Seminar Nasional

Kamis, 15 September 2022

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (FP USK) akan menggelar seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Teknologi Hasil Pertanian (SNPP-THP) pada Tanggal 15 September 2022 di Hotel Madinatul Zahra, Batoh Banda Aceh.



Menurut KaHumas Panitia SNPP-THP 2022, Ir. Fahrizal, M.Sc, seminar kali ini tidak hanya seminar hasil penelitian dan pengabdian tetapi dipadukan dengan Kegiatan acara FGD Strategi Pengembangan dan Percepatan Sertifikasi Halal Produk UMKM  bekerj sama dengan Pusat Riset Halal Universitas Syiah Kuala.14/09/2020

Dr. Murna Muzaifa, S.TP., MP selaku ketua panitia menyebut kegiatan seminar ini merupakan penyelenggaraan ke 2 setelah tahun 2017. Tema yang diusung tahun ini adalah Inovasi dan Tantangan Pengembangan Produk Hasil Pertanian yang Halal, Aman, dan Berdaya Saing Tinggi. Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan seminar i berfungsi sebagai wadah sharing keilmuan dari para peneliti, dosen, praktisi dan mahasiswa di tingkat nasional,” ujar Murna Muzaifa.

“Untuk mempertajam topik seminar, kita telah mengundang keynote speaker yang relevan dan berasal dari IPB, Staf Presiden, Pemerintah Daerah dan akademisi di USK,” sebut Murna Muzaifa.

Murna Muzaifa menambahkan bahwa para pembicara kunci yang telah menyampaikan konfirmasi kesediaan tersebut adalah Yongki Surya Susilo, PhD, Prof. Dr. Made Astawan, MARTHUNIS, S.T., D.E.A, Prof. Dr. M. Faisal, ST., M. Eng dan Prof. Dr.-Ing. Sri Haryani, S.TP., M.Sc .

Yongki Surya Susilo, PhD saat ini merupakan Anggota Satgas Presiden untuk Percepatan Ekonomi, beliau akan berbicara tentang Peluang dan Tantangan Ritel Produk Pangan Indonesia Menghadapi Perubahan Tatanan Dunia Baru. Prof. Dr. Made Astawan (Guru besar fakultas teknologi pertanian, IPB University) akan berbicara tentang Inovasi Pangan Lokal untuk Kemandirian Pangan dan Kesehatan Masyarakat. MARTHUNIS, S.T., D.E.A yang saat ini menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Aceh dan sebagai Pj. Bupati Aceh Singkil akan membawa makalah tentang Peluang Investasi di Sektor Pangan Halal di Aceh.

Prof. Dr. M. Faisal, ST., M. Eng saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Pusat Riset Halal USK dan Dosen di Prodi Teknik Kimia USK akan berbicara tentang Alternatif pengawet alami yang halal dan aman  dari biomassa pertanian. Sedangkan Prof. Dr.-Ing. Sri Haryani, S.TP., M.Sc (Dosen Prodi THP USK) akan membicarakan Peranan Teknologi Pangan dalam Menciptakan Produk Pangan Inovatif.

“Hasil seminar ini nantinya akan dipublikasikan dalam bentuk prosiding ber ISSBN, Jurnal Agrointek (Sinta 2) dan Jurnal Teknologi Industri Pertanian Indonesia (Sinta 3) untuk artikel yang terpilih.  

Sementara itu Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian USK, Dr Ir Muhammad Ikhsan Sulaiman, MSc, IPU menyebutkan bahwa SNPP-THP ini merupakan agenda lima tahunan Prodi THP. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memacu pengembangan dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian dan bioindustri. Ikhsan berharap kegiatan ini juga bisa bermanfaat untuk masayarakat.

Berita

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Pertanian
Universitas Syiah Kuala
Jln. T. Hasan Krueng Kalee No. 3 Banda Aceh, Aceh, 23111 INDONESIA
Telp: +62 813 7050 4702
Email: thp@usk.ac.id